Friday, August 20, 2010

Mafia II Menuai Protes


Tak terhitung berapa banyak karya yang menampilkan kiprah warga keturunan Italia di Amerika Serikat (AS). Tak bisa dipungkiri, yang paling mendominasi dari karya-karya tersebut adalah kisah para penjahat terorganisir alias Mafia.


Demikian pula game Mafia II, sekuel dari game Mafia, yang akan diterbitkan oleh Take-Two Interactive pada akhir Agustus 2010. Game dengan gaya penuh aksi ini ternyata sudah meraup kontroversi.


Protes pada game tersebut datang dari organisasi warga keturunan Italia di AS yang bernama UNICO. Presiden UNICO, Andre DiMino, mengatakan penggambaran warga keturunan Italia di game itu sangat merendahkan.

wallse


"Take Two secara langsung, terang-terangan dan tidak fair mendiskriminasi dan merendahkan satu kelompok dari kelompok lain di masyarakat. Kami meminta mereka menghentikan peluncuran game itu dan membersihkan semua referensi pada Italians dan Italian-Americans," tulis DiMino dalam sebuah surat pada Take-Two yang dikutip dari Gamasutra, Kamis (19/8/2010).


Apa kata Strauss Zelnick, Chairman Take-Two? Menurutnya, subyek game Mafia II sudah berkali-kali dimunculkan dalam film, acara televisi dan novel selama berdekade-dekade. Bahkan, menurut Zelnick, tidak ada anggota dari UNICO yang sudah melihat atau memainkan Mafia II. Ini karena game itu belum ada di pasaran.


Jika memainkan gamenya saja belum pernah, pantaskah keberatan semacam itu diajukan oleh DiMino dkk?

Bookmark and Share
Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment