Tuesday, August 31, 2010

Pentagon Siapkan Jip Perang Terbang

Perlombaan untuk membangun jip militer yang bisa terbang pertama di dunia sepertinya tinggal selangkah lagi menuju garis finish. Sebab Pentagon kini telah bersiap memproduksi mobil terbang ini untuk kepentingan militer Amerika.

Pusat riset Pentagon Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) kabarnya telah memilih dua perusahaan untuk melanjutkan tahap berikutnya dengan 'Transformer' yang merupakan sebuah kendaraan empat penumpang yang dapat mengemudi seperti mobil dan kemudian lepas landas dan terbang seperti pesawat terbang untuk menghindari bom.


dtc


Lockheed Martin dari AAI Corp seperti dikutip dari Popular Mechanics, Selasa (31/8/2010) mengatakan bahwa saat ini sedang dalam tahap negosiasi dengan DARPA untuk tahap pertama proyek Transformer walaupun DARPA secara resmi belum mengumumkan pemenang proyek ini.

Tidak jelas berapa banyak perusahaan yang bersaing untuk proyek DARPA tersebut, belum jelas pula sistem apa yang akan digunakan Humvee terbang ini apakah rotor, baling-baling atau lainnya.

Tender yang dilakukan DARPA ini merupakan jawaban Pentagon atas kendaraan alternatif meski pada awalnya mereka mengatakan tidak tertarik membuat sebuah mobil terbang.

Namun pada akhirnya Pentagon malah menyediakan total dana hingga US$ 40 juta atau sekitar Rp 360,6 miliar untuk menjadikan Transformer yang saat ini masih dalam bentuk gambar ini benar-benar nyata.

No comments:

Post a Comment