Tuesday, August 31, 2010

Film You Tube Disewakan?

Rumor soal perjanjian Google dengan studio besar Hollywood kembali merebak. Kali ini, YouTube dikabarkan akan menyewakan film dengan harga USD 5 per film (sekitar Rp 45.000).

Kabarnya, seperti dikutip detikINET dari ArsTechnica, Senin (30/8/2010), bisnis sewa film YouTube itu akan mulai ditawarkan pada akhir 2010. Layanan yang akan hadir di Amerika Serikat itu menawarkan film bersamaan dengan rilisnya di DVD di kisaran USD 5 per sewa.

wordpress.com

Tidak disebutkan berapa lama periode penyewaan film itu, apakah berdasarkan waktu atau berdasarkan jumlah tonton. Nantinya film yang disewa dari YouTube hanya bisa ditonton dengan sistem online streaming, bukan download.

Sebenarnya, sejak Januari 2010, YouTube sudah mulai bisnis sewa film ini. Namun ketika itu rekanannya hanya studio independen dan studio kecil Hollywood, sehingga gaungnya kurang terasa. Sedangkan rumor menggandeng studio besar sudah muncul sejak akhir 2009.

Di sisi lain, Apple juga telah dikabarkan sedang melakukan perjanjian untuk melakukan bisnis sewa film lewat iTunes. Rumornya, pengumuman soal ini akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman iPod versi baru di 1 September 2010.

Rencana Google maupun Apple itu sedikit banyak akan saling bersaing, meski tidak serta-merta secara langsung. Belum ada konfirmasi dari keduanya apakah rumor ini akan terwujud atau hanya sebatas kabar burung saja.

No comments:

Post a Comment