Monday, August 23, 2010

Daftar Paten Baru, Apple Hadang Jailbreak

Bulan lalu, Amerika Serikat (AS) memang telah melegalkan jailbreak iPhone. Namun tentu saja Apple tidak senang dengan keputusan tersebut. Apple pun mendaftarkan paten baru untuk mencegah jailbreaking dan praktek hacking lainnya.

Jailbreaking adalah praktek menjalankan semacam kode-kode yang memungkinkan pengguna mendapat akses tertentu yang sebenarnya tidak diperbolehkan Apple, misalnya menggunakan operator yang tidak ditunjuk Apple.

Dilansir Mashable, Senin (23/8/2010), Apple mendaftarkan paten yang meliputi berbagai metode dalam mengidentifikasi penggunaan produk Apple seperti iPhone dan iPad secara ilegal dan menonaktifkannya.

mobilewhack

Langkah Apple sangat jelas memperlihatkan bahwa perusahaan milik Steve Jobs tersebut memutuskan untuk memegang kendali lebih ketat dan lebih jauh lagi terhadap semua produk besutannya.

Selain mengidentifikasi praktik jailbreaking, paten baru itu juga terutama fokus mengenali perangkat yang dicuri dan melindungi berbagai jenis informasi sensitif seperti password atau nomor kartu kredit yang tersimpan didalamnya.

Jadi ketika seorang pengguna kehilangan iPhone misalnya, data penting di dalamnya dapat dikirim ke salah satu server penyimpanan Apple baru kemudian dihapus seluruhnya dari ponsel.

No comments:

Post a Comment