Tuesday, August 31, 2010

Mobil Berbahan Bakar Tinja

Para mekanik di Bristol, Inggris, telah mengembangkan mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar poop? atau tinja (kotoran manusia). Mobil ini diberi nama Bio-Bug. Mobil terobosan terbaru ini dikembangkan melalui mobil Volkswagen Beetle yang berjalan dari gas metan yang dihasilkan pada saat pengolahan limbah. Gas ini terkumpul dan tersimpan di dalam tabung supaya dapat digunakan sebagai bahan bakar, selain itu gas ini juga tidak akan menyebar ke atmosfir.



slashgear



Selain manfaat yang ramah lingkungan, jelas sang pembuat, perbedaan kotoran-mobile dengan Bug-Bio adalah hanya metana mobil berbahan bakar yang tidak kehilangan performa. Bio-Bug sebenarnya berbahan bakar ganda, tergantung pada bensin tanpa timbal untuk memulai "raungannya". Mobil ini juga dapat melaju kencang ketika mesin berada pada suhu yang benar. Jika bahan bakar poop-nya telah habis, mobil itu langung beralih menjadi mobil biasa yang berbahan bakar bensin.

Para desainer di GENeco jelas menjatuhkan pilihan mobil berbahan bakar poop ini kepada Beetle klasik. Mobil ini dikenal dengan mobil yang dapat mengolah gas buangnya. Mohammed Saddiq dari GENeco menjelaskan bahwa pilihan atas mobil ini terinspirasi oleh mahasiswa yang mengambil bagian dalam lokakarya.

Bio-Bug memiliki kecepatan sampai 225 kilometer per jam. Batas kecepatan maksimum di inggris hanya sampai 112 kilometer per jam. Mobil ini pun dapat berlari sampai 10.000 mil jauhnya.

No comments:

Post a Comment