Monday, August 23, 2010

Smartphone Diprediksi Kuasai Pasar Ponsel AsiaSmartphone Diprediksi Kuasai Pasar Ponsel Asia

Smartphone diprediksi akan menguasai lebih dari setengah penjualan ponsel di Asia pada 2015. Diperkirakan, ada sekitar 477 juta unit smartphone yang terjual di wilayah tersebut.

Hal ini diungkapkan firma riset Consultancy Frost and Sullivan. Disebutkan, smartphone akan mengambil porsi sebesar 54 persen dari total pasar ponsel Asia Pasifik dalam lima tahun mendatang, meningkat sangat tajam dari tahun 2009 yang hanya lima persen.

wordpress

Manager Consultancy Frost & Sullivan Marc Einstein menyebutkan, melonjaknya tingkat penjualan smartphone sangat potensial mendorong pendapatan besar bagi para operator telekomunikasi, seiring membanjirnya permintaan akan layanan data.

Perkiraan ini sangat masuk akal mengingat smartphone merupakan perangkat yang menyediakan akses data lebih cepat untuk browsing internet, email, dan konten lain yang membuat smartphone selalu 'haus' akan data.

"Smartphone sangat penting untuk bisnis mobile broadband setiap operator, ARPU (Average Revenue Per User) pengguna smartphone biasanya meningkat sebesar 25 hingga 100 persen setelah bergantung pada pasar," kata Einstein seperti dikutip dari AFP, Senin (23/8/2010).

Dia menambahkan, pasar Asia Pasifik khususnya sangat menarik untuk smartphone, mengingat terdapat peningkatan signifikan dalam penjualan smartphone di negara-negara seperti China, India dan Indonesia.

No comments:

Post a Comment