Monday, August 23, 2010

Misi Intel Dibalik Pembelian McAfee

Mungkin banyak yang tidak tahu jika pada tahun 1998, Intel pernah menjual divisi software anti virusnya kepada Symantec. Kini setelah 12 tahun berselang, vendor prosesor raksasa itu malah mencaplok perusahaan keamanan McAfee. Lalu apa motivasinya?

Meski banyak yang bertanya-tanya dengan langkah tersebut, Intel tentu telah berhitung dengan sangat matang ketika memutuskan untuk membeli McAfee. Apalagi dana yang digelontorkan tidaklah sedikit, yakni mencapai USD 7,68 miliar.

Untuk semua keraguan tersebut, juru bicara Intel, Suzy Ramirez punya jawabannya. Ia mengatakan, akuisisi ini dinilai tepat sebab dapat mengkombinasikan seluruh aplikasi McAfee dengan hardware besutan Intel untuk mendesain perangkat wireless yang lebih terjamin keamanannya.

wallpapertop

"Kami melihat (akusisi) ini sebagai suatu peluang untuk membawa sofware McAfee ke produk silikon dan membantu Intel untuk memperkuat keamanannya serta menghadang laju ancaman yang semakin canggih di hari ini dan masa depan," jelasnya, dikutip dari Tg Daily, Senin (23/8/2010).

Sementara analis industri, Rob Enderle berpendapat bahwa langkah strategis Intel ini menegaskan bahwa mereka serius untuk menggarap bisnis di ranah mobile dan embedded market.

"Intel berencana untuk menyediakan paket solusi yang mencakup di antaranya sekuriti untuk menghadang ancaman di luar sana," tukasnya.

"Cara inilah yang dilakukan oleh perusahaan yang basis bisnisnya di industri komputer, yaitu dengan menambahkan solusi keamanan terhadap produk yang ditawarkan. Kombinasi ini akan memberi mereka kelebihan yang signifikan ketimbang pesaingnya," lanjut Rob.

Sebelumnya, Head of Software Intel, Renee James menyatakan bahwa ada miliaran perangkat yang perlu dilindungi secara global sehingga pasar keamanan internet yang tertanam dalam perangkat sangatlah spesifik dan merupakan kesempatan pasar yang menjanjikan bagi Intel.

Senada dengan James, CEO McAfee Dave DeWalt menekankan adanya potensi besar untuk bisnis keamanan internet seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat wireless dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment