Thursday, August 26, 2010

Chip Terbaru AMD Rilis Awal 2011

Netbook yang dilengkapi chip hybrid AMD seri Fusion dipastikan segera meluncur di awal tahun depan. AMD mengklaim, chip terbarunya akan membuat netbook lebih hemat daya.

Vice President of Design Engineering AMD, Dina McKinney menyebutkan, netbook tersebut akan dikapalkan dengan chip bernama kode Ontario yang tertanam di dalamnya. Ontario memiliki CPU berbasis Bobcat, yang merupakan arsitektur rendah daya terbaru milik AMD.

computer-planet

"Chip berbasis Bobcat dirancang khusus untuk digunakan pada netbook dan laptop ultraportable yang akan mengkonsumsi lebih sedikit daya," ujar McKinney, seperti dikutip detikINET dari PC Advisor, Rabu (25/8/2010).

McKinney tidak menyebutkan besar daya yang ditarik chip Ontario. Namun menurutnya, CPU Bobcat bisa menarik daya kurang dari 1 watt.

Ontario adalah bagian dari keluarga chip seri Fusion AMD yang mengkombinasikan unit pusat pengolahan data dan grafis ke dalam satu potongan silikon.

Dengan Ontario, AMD berupaya mensejajarkan diri dalam persaingannya dengan Intel di pasar netbook. Seperti diketahui, chip Atom milik Intel mendominasi pasar netbook. Pekan ini saja, sejumlah vendor PC bersamaan menjajakan netbook mereka yang mengusung prosesor terbaru Intel Atom dual core.

No comments:

Post a Comment