Wednesday, August 4, 2010

FBI - Wikipedia Berdebat

Wikipedia memang telah berulang kali menuai kritik. Namun kali ini, ensiklopedia online itu sudah membuat marah Federal Bureau of Investigation (FBI). Bahkan, mereka pun sampai mengultimatum Wikipedia.

Hal ini terkait peredaran lencana resmi FBI yang wara-wiri di Wikipedia. Dalam sebuah surat resmi yang dikirimkan ke Wikipedia, FBI meminta agar lencana tersebut dihapus dari artikel Wikipedia tentang FBI.

"FBI tidak mengizinkan kehadiran lencana resmi di Wikipedia," tegasnya. "Dimasukkannya grafis lencana FBI berkualitas tinggi itu hanya akan membuat masalah karena akan memfasilitasi orang untuk menyalin dan mencetak ulang lencana tersebut," lanjut surat keberatan FBI.


photo : frayededgesskitch
FBI pun mengaku tak main-main dengan sikap keberatannya tersebut. Sebab, dalam surat itu juga disertai ancaman tindakan hukum bila gugatan itu diabaikan.

Lalu apa tanggapan Wikipedia? Seperti dikutip dari Cnet, Rabu (4/8/2010), Mike Godwin sebagai penasehat umum Wikipedia mengatakan bahwa FBI telah salah menilai aturan hukum dan ensiklopedia online itu pun bersedia untuk membuktikannya di pengadilan.

"Kami menghargai keinginan Anda, namun pada kenyataannya bukan seperti itu yang dimaksudkan dalam peraturan Section 701 yang diteruskan kepada kami," tukas
Godwin.

Peraturan 18 USC 701 itu melarang pembuatan, penjualan atau kepemilikan dari setiap lencana, kartu identifikasi atau lencana lainnya dari desain yang
ditentukan oleh kepala setiap departemen atau lembaga Amerika Serikat untuk digunakan para pejabat atau pegawai departemen itu.

Godwin percaya bahwa aturan tersebut hanyalah melarang orang lain untuk menyalin dan mencetak lencana atau kartu identitas tapi bukan artikel ensiklopedia. "Penggunaan gambar di Wikipedia bukanlah untuk penipuan. Kami siap dengan penasehat hukum untuk berdebat di pengadilan tentang pandangan kami," tambah Godwin.

Respons itu langsung dibalas oleh juru bicara FBI yang mengatakan Wikipedia tidak berhak menampilkan lencana tanpa ada izin dari direktur FBI.

Sementara menurut direktur hukum dari Electronic Frontier Foundation, Cindy Cohn, Wikipedia memiliki hak First Amandment untuk menampilkan segel dengan artikel yang mendukung. Bahkan ia menambahkan, permasalahan itu hanyalah sia-sia dan membuang waktu saja.

No comments:

Post a Comment