Wednesday, August 4, 2010

Facebook Makin "Berjaya"

Facebook memutuskan untuk memperbesar ukuran data center yang tengah dibangunnya di Oregon, Amerika Serikat (AS). Langkah ini menandakan begitu cepatnya pertumbuhan situs jejaring sosial itu.

Januari, Facebook mulai membangun data center pertama miliknya yang berlokasi di Prineville, Oregon, AS. Pembangunan fasilitas seluas 147.000 meter persegi itu dijadwalkan akan selesai pada awal tahun depan. Belum rampung pembangunannya, Facebook sudah memutuskan menambah luas data centernya itu menjadi 160.000 meter persegi.

"Demi memenuhi kebutuhan bisnis kami yang terus berkembang pesat, kami memutuskan sekaligus meneruskan proyek kedua," kata Direktur Operasional Facebook Tom Furlong dalam blog resminya.


photo: shoppingandnews
Furlong menyebutkan, awalnya proyek pembangunan kedua ini baru akan digarap jika pembangunan data center tahap pertama selesai dan dijadwalkan selesai awal 2012.

Dikutip dari PC World, Rabu (4/8/2010), ketika mengumumkan akan membangun data center, Facebook baru memiliki 400 juta pengguna. Bulan lalu, jumlah pengguna Facebook tumbuh hingga mencapai 500 juta. Facebook menyebutkan, data center itu akan menciptakan sekitar 35 lahan pekerjaan baru.

Namun rencana ini ditentang oleh para aktivis lingkungan hidup Greenpeace. Pasalnya, untuk mengoperasikan data center tersebut, Facebook akan menghabiskan pasokan listrik sebesar 30 megawatt atau setara dengan kebutuhan listrik untuk 30.000 rumah.

No comments:

Post a Comment