Wednesday, August 4, 2010

Awasi Akun Facebook Anda : Informasi 100 Juta Pengguna Facebook Bocor di Internet

facebook

Ada berita mengejutkan seputar Facebook. Seseorang telah menciptakan sebuah torent berukuran 2.8 GB yang berisi segala informasi pribadi, termasuk alamat email dan nomor telepon dari 100 juta pengguna Facebook!! Ini sekitar 1/5 dari total seluruh pengguna Facebook yang informasi pribadinya disebarkan di dunia maya belakangan ini. 

Penggagas ide "brilliant" ini adalah Ron Bowes. Dialah yang menciptakan torent tersebut dengan mengunakan program Web crawler. Dari situ akan terkumpul data profil umum pengguna yang tidak merubah pengaturan privasinya pada akun facebook mereka.

Namun, tindakan ini dinilai belum melanggar hukum karena hanya mengumpulkan data yang memang dibeberkan pengguna secara sadar ke publik.

Meski begitu, tentu saja ini bisa dianggap ancaman terhadap privasi seseorang. Sebab semua orang akan dapat dengan mudah mengakses informasi pengguna Facebook yang diinginkan, termasuk foto, teman, saudara, hingga kehidupan masa lalunya.

Facebook memang situs jejaring sosial terbesar yang selalu dikaitkan dengan masalah privasi. Sebenarnya Facebook sendiri telah menyediakan layanan Pengaturan Privasi untuk menjamin keamanan data dari pengguna. Hanya saja kebanyakan orang malas untuk menggunakannya karena terlalu rumit.

Sepertinya para pemilik akun Facebook harus ekstra hati-hati jika ingin memasukkan data pribadinya ke akun mereka. Untuk lebih aman sebaiknya pergunakan pengaturan privasi. Tapi jika memang memilih tidak memakai, silahkan tanggung sendiri resikonya.

No comments:

Post a Comment