Tuesday, June 1, 2010

Media Sosial Mendorong Penggunaan Intenet Melalui Perangkat Mobile di Indonesia



Yahoo! bekerjasama dengan TNS mengumumkan tentang hasil penelitian gelombang kedua Net Index - sebuah kajian komprehensif mengenai tren penggunaan Internet di Indonesia yang dirancang untuk mendidik pemasar dan media planners akan kesempatan serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam lingkungan internet yang kini tumbuh dengan cepat.

Kajian tahun ini menunjukkan beberapa perubahan penting dalam perilaku penggunaan internet di Indonesia yang merupakan pasar online terbesar dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara. Lonjakan yang dicapai sebesar 26% pengguna Internet mengakses melalui perangkat mobile, meningkat dari 22% (2009) menjadi 48% (2010). Kemajuan yang signifikan ini didorong oleh banyaknya media-media yang menyediakan layanan dan konten dalam media mobile.

Penemuan-penemuan penting dari Net Index 2010 Indonesia termasuk :
Selain Kota Jakarta yang pertumbuhan internetnya terbesar, ada kota-kota lain yang ternyata meningkat. Tercatat ada 3 kota, yaitu Semarang, Palembang da Makassar dengan masing-masing peningkatan sebesar 11%, 10% dan 12% poin.

Jumlah orang muda dari rumah tangga yang rendah yang menggunakan Internet semakin meningkat.

Internet mobile mendapatkan sebuah momentum, dengan lebih banyak lagi pengguna-pengguna baru yang dengan segera mempergunakan teknologi ini.
  • Warung Internet (warnet) mulai kehilangan posisi dan pelanggan, dimana semakin banyak pengguna internet menggunakan perangkat mobile. Penurunannya 19% (dari 83% pada 2009 menjadi 64% pada 2010).
  • Berbagai macam penawaran murah dan paket produk penyedia layanan internet telah mendorong banyak pengguna Internet untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

wordpress.com
Sosial media mengubah cara orang berinteraksi satu dengan lainnya
  • Akses ke jejaring sosial meningkat sebesar 19% dari 58% (2009) menjadi 77% (2010)
  • Jejaring sosial telang menggeser penggunaan email dan messenger untuk saling berkomunikasi.
  • Dengan Jejaring sosial, banyak pengguna dapat memperkaya hubungan lama yang telah ada dan bahkan membantu untuk membuat hubungan baru (terutama bagi generasi muda). 68% responden menggunakan situs jejaring sosial untuk berhubungan dengan teman-teman dan keluarga, 59% menggunakan sosial media untuk berhubungan kembali dengan teman-teman lama, sementara 56% mengatakan menggunakannya untuk mengupload dan berbagi photo.
Berita-berita online mulai menggantikan media cetak.
  • Lonjakan pengakses berita online, yaitu 28% pada 2009 meningkat menjadi 37% pada 2010.
  • Internet atau Website menjadi sumber utama konten berita online, sebanyak 65%.
  • Konten hiburan juga hal yang paling polular (berita blog sebanyak 49% serta musik dan film sebanyak 38%)
"Yahoo! percaya Indonesia merupakan pasar yang bertumbuh paling cepat untuk Internet dan berharap untuk dapat lebih mendalami interaksi dengan orang-orang Indonesia melalui media online dan pengiklan di Indonesia. Wawasan yang ditawarkan melalui kajian Net Index dapat memungkinkan merek-merek serta pengiklan untuk menjangkau jutaan orang di Yahoo! setiap bulannya," ujar Budi Putra, Yahoo! Indonesia Country Editor.

Menurut IDC NMMM (2009), Indonesia memiliki sekitar 25.4 juta pengguna Internet. Penetrasi Internet mobile sedang meningkat di Indonesia, 63.4% di tahun 2009, 69.3% di tahun 2010 dan diperkirakan akan mencapai 73.2% di tahun 2011. Angka-angka ini terus berkembang seiring dengan semakin meluasnya akses internet.

No comments:

Post a Comment