Tuesday, June 15, 2010

5 Website Tutorial Keren Yang Patut Disimak

Internet bisa menjadi alat yang luar biasa untuk mempelajari bagaimana melakukan hal-hal yang mungkin Anda ingin tahu tetapi tidak tahu bagaimana melakukannya. Menemukan bagaimana cara melakukan suatu hal sekarang ini jauh lebih mudah dibandingkan 20 tahun yang lalu. Internet penuh dengan berbagai sumber bermanfaat sehingga Anda tidak perlu meninggalkan rumah Anda untuk mengaksesnya.

Tidak lagi harus berangkat ke perpustakaan untuk menemukan buku yang belum tentu ada juga di sana. Tidak perlu lagi membaca keseluruhan sebuah buku hanya untuk mendapati bahwa buku tsb tidak menolong sama sekali. Menemukan bagaimana melakukan suatu hal di internet adalah sesederhana mengetik apa yang Anda inginkan di Search Engine dan hasilnya tepat di depan Anda.

Tapi dimana kita dapat memperoleh semua informasi ini? Sekalipun ada Search Engine seperti Google dan Bing yang sangat baik, tetapi Anda mungkin ingin mempersempit pencarian Anda dan coba kunjungi website-website tutorial keren mengenai "Bagaimana Melakukan" berikut ini:

eHow

eHow adalah sebuah situs keren untuk mencari tahu bagaimana mengerjakan sesuatu dengan cepat. Tutorial-tutorialnya tidak sepenuhnya deskriptif dan kebanyakan kurang dari 10 langkah, tetapi mereka benar-benar membahas langsung. Ingin belajar bagaiamana memainkan tennis Cukup ketik kata kunci "tennis" ke dalam search engine eHow dan Anda akan banyak hasil seperti "how to hit a tennis forehand" (bagaimana memukul forehand dalam tennis), atau bahkan "how to build a court in your backyard" (bagaimana membangun lapangan tennis di halaman rumah Anda).

Tidak hanya tersedia tutorial teks, eHow juga menyediakan banyak video tutorial.

eHow adalah sebuah website hebat tempat belajar hal-hal mendasar tentang apa saja. Dari Internet, hingga Parenting,? Edukasi, Elektronik dan Bisnis.
eHow

wikiHow

Wikihow sekarang ini memiliki sekitar 76.000 artikel dalam databasenya, sehingga mencakup "bagaimana" caranya" apa saja yang Anda ingin ketahui. Mirip dengan eHow, konten wikiHow diciptakan oleh komunitasnya. Misalnya Anda ingin tahu bagaimana caranya membuat sebuah website. Anda tinggal mencari pada "how to create a website" (bagaimana membuat website) dan Anda akan mendapatkan banyak hasil yang menarik.
wikihow

Instructables

Ingin belajar bagaimana membangun sesuatu yang berbentuk fisik dari bentuk sketsa? Maka Anda harus mengunjungi website www.instructibles.com. Instruksi-instruksi yang akan Anda dapatkan jauh lebih dalam dari situs-situs sebelumnya, dan mereka mmemiliki tutorial-tutorial yang menarik tentang bagaimana membangun benda-benda yang tidak biasa dibangun.

Contohnya, Anda dapat temukan tutorial mengenai "How to Build a Multi Touch Surface." Sekalipun hal ini berbayar sekitar US$ 2500, tetap menjadi hal yang sangat menarik untuk dimiliki.
instructibles.com

About Video Tutorials

Seringkali jika Anda ingin meminta tolong mengenai sesuatu hal, Google memberikan referensi website About.com. Tutorial-tutorial nya cukup komprehensif. Misalnya Anda ingin belajar bagaimana menambahkan halaman log in bagi website yang sedang Anda kembangkan, maka Anda dapat menemukan tutorialnya di sini yang cukup mudah dibaca dan diikuti. Bahkan ada lebih banyak tutorial pada tingkat yang lebih pemula.

Menemukan topik tertentu adalah lebih sulit di About.com karena adanya begitu banyak halaman di dalamnya. Tetapi jika Anda ingin mendapat bantuan mengenai komputer atau teknologi, Anda akan menemukan informasi yang bermanfaat.
about.com

YouTube

Banyak orang berpendapat YouTube hanya berisikan video-video pertunjukan. Kenyataannya, YouTube memiliki cukup banyak tutorial yang? berguna. Contohnya, ingin belajar "how to play the guitar" (bagaimana bermain gitar), maka ada ratusan tutorial yang bermanfaat. Bergantung kepada bentuk tutorial yang Anda cari, YouTube adalah pilihan yang baik jika Anda memerlukan secara visual juga.


Situs dan Tools Keren Lainnya

Sebenarnya ada banyak situs yang bisa dimasukkan dalam daftar ini, tetapi tanpa mereview semuanya, kami memberikan link nya sehingga Anda sendiri dapat mengunjungi dan menemukan sendiri manfaatnya. Setiap situs ada Pro dan Kontra dan fokus pada topik yang berbeda-beda. Jadi bergantung kepada apa yang Anda cari, maka tiap situs akan jadi berbeda.

Wired How to Wiki - Tutorial yang keren tentang komputer, teknologi dan gadget.

PC World How To - Tutorial yang berkaitan dengan membeli, menggunakan dan memperbaiki produk-produk teknologi.

VideoJug - Sebuah website video tutorial "untuk mendapatkan hidup yang nyaman"

5min - 5 menit video tutorial

SuTree - Video Tutorial dan Bagaimana Melakukannya
Nah, sudah cukup banyak website tutorial yang Anda miliki sekarang. Silahkan mencari apa saja yang Anda inginkan, tapi satu hal, tentunya Anda tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia dalam pencarian, gunakan bahasa Inggris untuk mencari cara-cara yang Anda butuhkan. Selamat mencari....

No comments:

Post a Comment