Tuesday, June 22, 2010

Nokia Usung Teknologi NFC Untuk Ponsel Pintar Mulai 2011

Nokia-Usung-Teknologi-NFC
Salah satu produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, Nokia, akan memberlakukan teknologi NFC (near-field communication) pada semua ponsel pintar keluaran Nokia. Melalui penjelasan dari wakil presiden penjualan dan pemasarannya, Anssi Vanjoki, mengumumkan bahwa mulai tahun 2011 nanti semua ponsel pintar keluaran Nokia yang diperkenalkan akan mendukung teknologi NFC .

NFC merupakan teknologi komunikasi nirkabel jarak dekat, yang memungkinkan pertukaran data antar perangkat dalam jarak sekitar 10 cm/4 inci. Dengan teknologi ini pengguna dapat melakukan transaksi apapun langsung menggunakan ponsel dengan mendekatkannnya ke reader yang kompatibel atau alat pembaca yang sesuai. Selain digunakan untuk belanja barang, NFC juga dapat digunakan untuk sistem transportasi umum agar lebih efisien.

Sehubungan dengan rencana tersebut pihak Nokia terpaksa membatalkan peluncuran Nokia 6216 Classic. Sebenarnya ponsel ini pun menggunakan teknologi NFC. Namun karena tidak adanya titik temu tentang pemasangan aplikasi untuk transaksi, terpaksa Nokia 6216 Classic batal diluncurkan. Sehingga hanya produk-produk tertentu saja yang dapat mendukung teknologi ini. Sayangnya untuk saat ini manfaat NFC belum dapat dinikmati di Indonesia karena minimnya dukungan perangkat.

No comments:

Post a Comment