Wednesday, June 30, 2010

Pengujian Google Chrome Unified Menu

Google telah menguji menu yang terdapat dalam di Chromium dan Google Chrome dev channel, menu baru ini mencakup pilihan yang tersedia di halaman dan pengaturan. Nampak menu pada pengaturan (simbol kunci pas) terlihat padat dengan menu tunggal untuk cut, copy, dan paste yang tergabung dalam menu edit. Serta menggabungkan pilihan zoom dan layar penuh. Sehingga browser terlihat minimalis namun dengan fitur yang padat. 

Google Chrome Menu Unified
pic: googlesystem.blogspot.com

Opera telah menggunakan menu yang terpadu dengan menggantikan menu bar, sedangkan Firefox 4 yang akan datang akan menyertakan tombol menu tunggal dengan tab yang ada diatas seperti Google Chrome. Menu yang terpadu membuat tampilan lebih ringkas dan terlihat beberapa browser sedang mengembangkan browser yang minimalis namun memiliki fungsi dan fitur yang padat.
Kenapa Firefox 4 akan menyembunyikan (hide) menubar, Menurut Mozilla tujuan umum menubar adalah untuk menampung semua hal yang Anda ingin lakukan dengan program, namun Anda tidak dapat menempatkannya ke dalam UI utama. Jadi menubar umumnya tidak sering digunakan, namun hadir pada setiap jendela halaman. Bahkan dimulai dengan Vista, dan dilanjutkan dengan Windows 7, menubar telah secara sistematis dihapus dari aplikasi Windows yang dibangun oleh Microsoft dan vendor lainnya. Ini telah digantikan dengan alternatif seperti strip Windows Explorer kontekstual atau Ribbon di Office 2007.

No comments:

Post a Comment