Thursday, June 17, 2010

Teknologi Next Generation Untuk Kecepatan Internet 100G



Kemajuan teknologi dalam dunia internet memang tidak ada habisnya. Baru-baru ini, ALU (Alcatel-Lucent) perusahaan multinasional dari Perancis, memperkenalkan temuan terbarunya untuk teknologi komunikasi bernama Single Carrier Next Generation. Yaitu sebuah solusi internet yang mampu untuk menjawab kebutuhan bandwith yang kian pesat. 

Inovasi ini diklaim dapat mencapai kecepatan hingga 100 gigabit perdetik (100G). Pihak ALU mengklaim bahwa solusi internet ini mampu mengirim lebih dari 100.000 Mp3 dalam 60 detik atau 15.000 siaran HD secara langsung dalam saat yang bersamaan. 

Teknologi Single Carier Next Generation didukung oleh perangkat jaringan yang bernama Photonic Service Switch 1830 (PSS 1830) keluaran Bell Labs, lembaga penelitian milik ALU. PSS 1830 juga akan digunakan oleh operator Softbank Telecom dari Jepang untuk jaringan infrastruktur backbonenya. 

Selain peningkatan kecepatan, Single Carier Next Generation adalah teknologi yang hemat biaya. Terbukti dari rendahnya kompleksitas, biaya operasional, maupun pemakaian konsumsi daya. Teknologi ini juga mampu berjalan bersamaan dengan jaringan berkecepatan lebih rendah yang telah ada sekarang seperti 10, dan 40G.


Ref :

build your own website

No comments:

Post a Comment