Thursday, June 24, 2010

Nusantara Online - Game Karya Anak Bangsa

Pekan Produk Kreatif 2010
Nusantara Online merupakan Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) karya anak bangsa dengan latar belakang sejarah Nusantara masa lalu, saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia. MMORPG adalah suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan Role-Playing Game (RPG) yang bisa dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak permainan.
budayagame

Dalam permainan RPG, pemain akan memainkan karakter buatan dan menjalankannya, mengikuti alur cerita. Seorang pemain bebas mengatur karakternya untuk mengikuti alur cerita yang disediakan dan tidak selalu mengarah pada satu cerita baku, karena pemain mengatur jalannya cerita sesuai dengan kenginannya.
Nusantara Online dikembangkan sebagai wujud kesadaran perlunya mengisi kembali wacana publik dengan konten-konten asli Indonesia. Dengan mengemas sejarah dan cerita-cerita rakyat Nusantara ke dalam bentuk yang lebih modern, dinamis dan aktraktif, generasi muda diharapkan akan kembali menikmati sejarah bangsa dan cerita-cerita peninggalan leluhur tersebut.

gameindonesia

Selain menggunakan standar MMORPG, fitur-fitur Nusantara Online dikembangkan mengikiuti teori-teori kemasyarakatan, arkeologi, sejarah, dan sosial yang berlaku dalam budaya Nusantara masa silam. Karakter-karakter, susunan kemasyarakatan, bentuk bangunan, hingga peta yang digunakan dalam Nusantara Online mengikuti kondisi otentik pada masanya. Selain sejarah, Nusantara Online juga memasukkan tokoh-tokoh mitologi, hikayat, dan legenda rakyat Nusantara.

Nusantara Online dibangun di atas engine berjuluk Another Game Engine Library (ANGEL) yang asli buatan Indonesia. ANGEL dikembangkan oleh anak-anak bangsa menggunakan program-program open source. ANGEL memiliki kemampuan setara dengan engine game kelas tinggi dan mampu menciptakan obyek 3D dengan tampilan yang sangat nyata, mulai dari tanah, bangunan, pepohonan, tiupan angin, sungai dan laut dengan riak gelombang dan pantulan, sampai susunan bintang dan pergantian hari dari siang ke malam.

mediagame

ANGEL juga memungkinkan Nusantara online memanfaatkan semua widget antarmuka yang tersedia, semisal text box untuk chat, ikon yang dapat di drag-drop, hingga koneksi dengan messenger dan situs jejaring sosial populer, seperti Yahoo Messenger atau Facebook.
Ketika ictfiles.com mencoba memainkan game Nusantara Online ini, sangat mirip dengan game-game sejenis MMOPRG yang sudah ada. Namun memang yang menjadi perbedaan dan kebanggaan bagi yang memainkannya, ini adalah karya anak bangsa, kebudayaan kita sendiri dan tidak kalah dengan game-game sejenis.
Anda yang ingin memainkan game ini, bisa mengunjungi web nusol.web.id secara online.?

nusantaraonline

No comments:

Post a Comment