Wednesday, June 16, 2010

Google Caffeine - Benarkah Mesin Pencari Indeks Super Cepat ?


Kini telah hadir sistem mesin indeks web terbaru dari Google yaitu Caffeine. Caffeine dirancang untuk memberikan hasil 50 persen lebih segar untuk pencarian web dari indeks terakhir, dan sistem ini memiliki koleksi terbanyak dari konten web yang pernah kita tawarkan. Jadi Anda dapat menemukan link ke konten yang relevan lebih cepat setelah diterbitkan daripada yang mungkin pernah ada sebelumnya. Baik itu untuk berita, blog maupun posting forum.

Bila selama ini Anda sedang mencari sesuatu informasi di Google, sebenarnya Anda sedang tidak mencari sebuah live web melainkan Anda mencari indeks web tersebut dari Google. Itu sama halnya dengan anda melihat indeks pada buku yang membantu Anda menemukan halaman yang tepat untuk materi yang Anda cari. Sedangkan tiap saat pastinya akan selalu ada perubahan dari setiap web. 

Untuk itu Google membangun sebuah sistem pencari indeks terbaru yang dapat memberikan perkembangan ter-update dari setiap jenis halaman web yang ada didunia maya. Perkembangan ini tidak hanya dalam ukuran dan jumlah tetapi dengan adanya perkembangan video, gambar, berita dan real-time update, rata-rata halaman Web lebih bervariasi dan lebih kompleks. Ditambah lagi keinginan masyarakat untuk ”search” lebih tinggi dibandingkan dahulu. Masyarakat ingin menemukan konten yang relevan terbaru dan penerbit/pemilik web berharap akan ditemukan secara cepat oleh masyarakat.

Dengan Caffeine, Google menganalisis web dalam porsi kecil dan memutakhirkan indeks pencarian secara terus menerus, secara global. Saat engine ini menemukan halaman baru, atau informasi baru pada halaman yang ada, kita bisa menambahkan langsung ke indeks. Itu berarti Anda dapat menemukan informasi terbaru lebih cepat daripada sebelumnya-tidak peduli kapan atau di mana ia dipublikasikan.

Setiap detik selalu ada ratusan ribu halaman web yang bertambah dan Caffeine akan memproses nya secara bersamaan. Saking banyaknya, itu sama seperti setumpuk kertas yang tiap detik bertambah tiga mil lebih tinggi. Caffeine membutuhkan hampir 100 juta gigabyte penyimpanan dalam satu database dan menambahkan informasi baru pada tingkat ratusan ribu gigabyte per hari. Anda akan membutuhkan 625.000 dari iPod kapasitas terbesar untuk menyimpan informasi yang banyak, jika ini disambung satu demi satu semuanya akan mencapai panjang lebih dari 40 mil.

Namun demikian, salah satu blogger terkenal di Indonesia, Cosa Aranda, menceritakan dalam dalam salah satu situs yang dimilikinya bahwa hal itu hanya berupa gertak sambal. Dikatakan pada situs tersebut, bahwa ketika pertama mencoba beberapa situsnya yang lama tidak terupdate, memang tersisih dari halaman pertama. Namun beberapa hari berikutnya, dia menceritakan situs tersebut yang bahkan dikatakan copas masih bisa nomor satu.
Apakah Google Caffeine ini berjalan sebagai mestinya seperti yang digadang-gadang oleh Google? Ataukah masih ada perbaikannya? 

No comments:

Post a Comment