Tuesday, June 1, 2010

Jepang Sedang Menyiapkan TV 3 Dimensi untuk Piala Dunia 2022



dailymail.co.uk 

Adegan seperti di atas tentunya pernah Anda lihat dalam Starwars, dimana si pemberi pesan berbicara seperti di depan si penerima pesan. Padahal si penerima pesan hanya melihatnya dalam suatu alat 3 Dimensi.

Hal seperti tersebut juga diperlihatkan dalam film G.I.Joe, bahkan juga Film Startrek. Ya, suatu kemajuan teknologi yang sangat luar biasa. Yang sedang digarap oleh para teknisi dan ahli-ahli teknologi industri Televisi untuk dapat menampilkan Piala Dunia 2022.

Seperti dikutip dalam Daily Mail (1/6/2010), perusahaan penyiaran NHK sangat percaya diri bahwa mereka akan menampilkan penyiaran hologram untuk Piala Dunia 2022. Dimana cara kerjanya adalah, gambar akan diambil secara 360 derajat dengan menggunakan 200 kamera berdefinisi tinggi selama pertandingan berlangsung. Dan kemudian ditransmisikan sebagai gambar tiga dimensi (3D).

Kabarnya TV tersebut akan dibanderol dengan harga 2.8 juta poundsterling.

Hal ini bukan tidak mungkin diciptakan! Karena pada tahun 2008, para peneliti di Universitas Arizona berhasil menciptakan salah satu sistem penampil hologram.

"Hal ini penting untuk dapat melihat bagaimana teknologi berkembang dalam waktu 12 tahun. Saya pikir akan terealisasi atau bahkan sudah dapat digunakan pada tahun 2016" Demikian pernyataan Profesor Jun Murai dari Universitas Keio, Jepang.

No comments:

Post a Comment