Thursday, June 3, 2010

Cara Menemukan Alamat IP Anda

Ada banyak cara untuk menemukan alamat IP Anda, jika Anda benar-benar ingin melakukannya. Salah satu caranya adalah dari command prompt. Untuk membuka prompt perintah cara termudah adalah pergi ke Start, lalu Run dan ketik cmd (perintah untuk Windows 95/98) dan klik OK. Anda akan melihat kotak hitam dengan kursor seperti gambar di bawah ini.
 

Jika Anda hanya ingin menemukan alamat IP Anda dapat mengetikkan ipconfig dan tekan enter. Anda akan mendapatkan daftar seperti ini.



Anda akan melihat 3 tempat informasi. Yang pertama adalah alamat IP yang merupakan alamat dari komputer Anda pada jaringan. Kemudian Anda memiliki subnet mask yang menentukan apa subnet komputer Anda di dalam jaringan. Dan terakhir anda memiliki default gateway yang merupakan node di jaringan yang berfungsi sebagai titik akses ke jaringan lain, dalam banyak kasus ke internet.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih rinci Anda dapat mengetik ipconfig/all untuk mendapatkan daftar informasi IP lainnya yang terkait.



Pilihan ini memberi Anda informasi seperti nama host Anda (komputer), informasi DNS & WINS dan MAC Anda atau alamat fisik kartu jaringan Anda.

Cara lain untuk mendapatkan alamat IP dari network connection properties
anda. Klik kanan My Network Places Anda dan pilih properties. Kemudian klik kanan icon Local Area Connection dan pilih properties lagi. Anda akan melihat jendela yang sama dengan contoh di bawah ini.



Pilih Internet Protocol (TCP / IP) dan klik Properties.

Di sini Anda akan melihat informasi alamat IP


Jika Anda mendapatkan alamat IP secara otomatis (menggunakan DHCP) tidak akan ada yang tercantum dalam kotak dan metode ini tidak akan bekerja untuk menemukan alamat IP Anda.

Salah satu cara terakhir yang saya akan sebutkan untuk mendapatkan alamat IP Anda adalah dengan mengklik pada icon lokal
area conection di taskbar Anda.


Kemudian klik pada tab di tab support untuk menampilkan berikut ini.


 



 




















No comments:

Post a Comment