Thursday, June 3, 2010

Bahasa Indonesia 5 Besar Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Facebook



wordpress.com 

Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga dengan bahasa kita. Pasalnya, menurut riset Inside Network, bahasa Indonesia adalah bahasa di Asia yang paling banyak digunakan di Facebook, dan kelima terpopuler di dunia yang digunakan di situs itu. Data riset membuktikan lebih dari 20 juta anggota facebook adalah pengguna Bahasa Indonesia.

Bahasa Inggris menempati urutan pertama yang digunakan oleh anggota Facebook. Diperkirakan ada 400 juta lebih pengguna Bahasa Inggris pada situs Facebook. Urutan kedua terbanyak adalah bahasa Spanyol, lalu kemudian Prancis dan yang keempat adalah Turki.

Meskipun infrastruktur komunikasi belum merata dan akses komputer masih kurang, bagi 234 juta penduduknya, namun Indonesia merupakan negara yang sangat tinggi merespon penggunaan situs jejaring Facebook. Menurut riset dari Inside Facebook, hal tersebut bisa menimbulkan peluang menghasilkan uang. "Saat Facebook terus tumbuh di seluruh dunia, dan jumlah penggunanya yang besar di luar Amerika Serikat, bahasa pengguna menjadi faktor yang semakin penting bagi pemasar dan pengembang," kata laporan itu.

Bulan Mei lalu raksasa situs jejaring sosial ini sempat menimbulkan kontroversial di Indonesia lantaran dianggap telah menyinggung umat Muslim. Yang membuat ratusan ulama Jawa dan Bali mendesak agar dikeluarkan fatwa melarang Facebook bagi umat muslim. 

No comments:

Post a Comment