Friday, July 23, 2010

Tips Memilih Harddisk External


hardisk eksternal
Bagi Anda yang memerlukan kapasitas penyimpanan data cukup besar, Anda pasti butuh sebuah harddisk tambahan untuk PC atau laptop Anda. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan hardisk eksternal.
Sebelum membeli hardisk eksternal, Ada baiknya kita perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kapasitas Hardisk
Kapasitas simpan harddisk eksternal bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 500GB. Namun kini sudah ada harddisk eksternal dengan daya tampung mencapai 1,5TB (terabyte).

2. Kecepatan putar drive
Kecepatan putar disk sebagian ditentukan oleh kecepatan laju data, dan dinyatakan dalam rpm (rotation per minute). Umumnya harddisk portabel berputar pada kecepatan 5400rpm.

3. Besar buffer atau cache

Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 16MB. Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk eksternal akan semakin mahal pula harga harddisk tersebut.

4. Fitur Recovery
Pilihlah harddisk eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery. Fitur ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data akibat mati listrik secara tiba-tiba atau akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa mengembalikan data yang hilang/rusak.

5. Kemampuan PnP (plug and play)
Dengan hanya menancapkan kabel harddisk eksternal pada komputer atau laptop, Anda dapat langsung bekerja tanpa perlu instalasi apapun.


No comments:

Post a Comment