Tuesday, July 27, 2010

Menyetir Sambil Twitter-an?

Ingin terus memantau update Twitter tapi sambil mengemudikan kendaraan? Tenang, sebentar lagi para pengemudi bisa menikmati situs mikroblogging 140 karakter ini dengan aman.

Ya, perusahaan mobil Ford kini tengah merancang sebuah teknologi hands-free yang mampu membacakan tweet dan mengenali suara untuk memilih lagu tertentu pada MP3 player.

Teknologi yang diberi nama AppLink ini tersedia bagi para pemilik iPhone dan BlackBerry. Para pengemudi nantinya hanya bisa mendengar update tweet tanpa bisa membalas atau merespons untuk mencegah bahaya penggunaan ponsel sambil berkendara.

photo: 1.bp.blogspot

Teknologi ini diciptakan setelah sebuah penelitian mengenai bahaya akibat kurangnya konsentrasi pengemudi dilakukan oleh peneliti dari Virginia Tech Transportation Institute di Amerika Serikat.

Para peneliti menemukan bahwa sebanyak 80 persen kecelakaan lalu lintas terjadi karena konsentrasi pengemudi buyar hanya dalam hitungan detik.

Ford mengklaim sistem SYNC akan memberikan keamanan dengan membiarkan para pengemudi tetap fokus dalam berkendara. "Melalui perbaikan terus-menerus, Ford akan tetap memimpin dalam pengontrolan suara pada kendaraan," tukas Presiden Ford  Amerika, Mark Fields.

"Kami akan membuat SYNC lebih intuitif dan mudah digunakan agar para pengemudi bisa tetap fokus dalam menyetir,"  tambahnya.

Dikutip dari Bignews Network, Selasa (27/7/2010), rencananya teknologi ini baru akan hadir di Inggris tahun 2011 sebelum diperkenalkan di negara lain.

No comments:

Post a Comment