Saturday, July 24, 2010

Maroon, Reader Karta Anak Bangsa

Gemar mengoleksi manga Jepang? Nah, salah satu tim yang lolos di kategori Mobile Aplication pada ajang Indonesia ICT Award (Inaicta) 2010 memiliki karya manga reader. Layaknya e-book reader, pengguna bisa menikmati komik populer seperti Naruto dan Bleach via iPhone dan Windows Phone 7.

MAARON -- demikian nama aplikasi tersebut -- merupakan mobile based application yang dapat digunakan untuk membaca konten komik di manapun melalui handset masing-masing.


dtc
Sayangnya, untuk saat ini sang pembuatnya masih mengembangkan aplikasi ini hanya untuk iPhone dan Windows Phone 7. Itu pun masih dalam bentuk emulator lantaran memang belum dirilis secara resmi.

Dari pantauan INAICTA 2010 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (24/7/2010), terlihat bahwa nilai plus MAARON terletak pada tampilan alias user interface yang disajikan.

Saat dijajal di iPhone, pada halaman awal pengguna bisa memilih judul komik dengan tampilan refleksi gelap ala iPhone. Transisi antar halaman komik pun juga tergarap dengan baik, dapat meluncur dengan smooth dan tidak patah-patah.

Kenapa Hanya Manga?

Lantaran dibuat anak bangsa, aplikasi ini sejatinya akan menjadi lebih menarik ketika konten yang diusungnya bukan hanya manga. Melainkan juga komik-komik yang asli berasal dari kreativitas anak negeri seperti Godam ataupun Gundala.

Saat ditanya kenapa hanya Manga? David sang project leader MAARON pun menjawab. "Sebenarnya bukan begitu. Komik lokal belum driven by market tapi masih sebatas penghobi. Jika suatu saat komik lokal naik, kita sudah siap," ujarnya.

Adanya Manga menurut mereka lebih karena saat ini komik Jepang mudah diterima masyarakat. Nah, kunci dari keberhasilan apliksi ini ada di antara pelaku industri komik lokal dengan pasarnya.

No comments:

Post a Comment