Sunday, July 25, 2010

Kontes Robot Di Gelar Di Yogyakarta

Untuk kali ketiga Taman Pintar Yogyakarta menggelar kontes robot untuk pelajar tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Ajang yang didukung Kementerian Riset dan Teknologi ini berlangsung dari kemarin hingga Ahad (25/7).

Sejumlah robot buatan para pelajar diuji dengan melewati jalur garis putih berkelok di atas sebuah meja besar. Waktunya dibatasi, hanya tiga menit dari garis start hingga finish. Ada yang berhasil namun banyak pula yang kehabisan waktu.

wordpress.com
Agar robot dapat tampil maksimal, para pelajar melakukan pengecekan terakhir. Mereka mencoba sistem kerja mekanik, kelistrikan, dan kontrol pengendali dengan teliti. Kepekaan sensor cahaya sebagai remote penggerak pun tak luput dari perhatian.

Kontes ini sengaja digelar untuk menumbuhkan minat dan bakat para pelajar dalam bidang teknologi. Selain menilai teknik pembuatan dan cara kerja robot, panitia juga menilai kepintaran robot dalam menyelesaikan beberapa tugas. Pemenang kontes ini berhak mendapat piala bergilir dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Sebelumnya kontes robot serupa telah digelar di Universitas Negeri Yogyakarta. Kontes diikuti 61 tim dari beberapa universitas di berbagai daerah di Indonesia

No comments:

Post a Comment