Thursday, July 29, 2010

Apple Terus Lakukan Penyeleksian Konten

Perusahaan Apple memang terkenal selektif dalam menyensor aplikasi yang diperjualbelikan di App Store-nya. Kali ini perusahaan Steve Jobs itu mendepak sejumlah konten berupa novel yang dianggap terlalu vulgar.

Novel dengan judul 'Blonde and Wet: The Complete Story' yang ditulis oleh Carl East ini sebelum dihapus telah menduduki peringkat satu dalam daftar sepuluh besar novel terbaik di iTunes Store. Carl East adalah penulis yang berasal dari Inggris, kebanyakan karya-karyanya memang ditujukan bagi pria dewasa. Novel erotis lainnya yang bertengger di peringkat dua hingga lima juga ikut terdepak.

upi.com
Apple yang memang mengklaim produk besutannya akrab dengan remaja dan anak-anak ini selalu menentang konten porno muncul pada platformnya. Seperti dikutip  dari IT Pro Portal, Kamis (29/7/2010), Apple sendiri mengatakan pihaknya harus menghapus novel tersebut dari daftar bestseller sekaligus iTunes Store dan menggantikannya dengan novel lain yang tak bersifat cabul.

Para pemerhati mengatakan, meningkatnya minat terhadap novel erotis fiksi ini tak lepas dari peluncuran iPad dan perangkat e-book lainnya. Beberapa orang mungkin malu untuk membeli buku cetak novel tersebut kemudian memilih untuk mengunduh dan membacanya melalui iPad.

"Bila ketahuan membeli buku semacam itu (erotis), kebanyakan orang akan malu," ujar Editor majalah The Bookseller, Philip Stone.

Sementara dengan iPad, menurut Stone, orang lain tak akan tahu apa yang sedang dibaca.

No comments:

Post a Comment