Thursday, July 29, 2010

Kepedulian Google terhadap global warming, menggunakan Pembangkit Listrik tenaga Angin


google-kincir
Raksasa mesin pencari, Google, rupanya cukup peduli akan issue pemanasan global alias Global Warming. Hal ini dibuktikan dengan mengumumkan pemakaian pembangkit tenaga angin sebagai pemasok daya bagi sebagian pusat data miliknya.

Rencananya mulai tanggal 30 Juli nanti Google akan mulai membeli energi bersih sebesar 114 MW dari generator angin di fasilitas NextEra Energy Resources Story County II yang berada di Iowa, USA. Energi yang dihasilkan dari angin ini cukup untuk menyuplai tenaga ke beberapa pusat data yang dimiliki Google.

Kesepakatan yang dibuat Google selama 20 tahun yang disebut Power Purchase Agreement ini dibuat dalam rangka berkontribusi mengurangi ancaman pemanasan global di dunia.

Upaya Google menerapkan konsep yang lebih ramah lingkungan juga ditunjukan antara lain menggunakan pusat data yang efisien, memakai sumber daya energi terbaru sebagai sumber tenaga, seperti pemasangan panel surya di Mountain View, California, dan membayar biaya karbon atas emisi gas buang yang tidak dapat dihilangkan.

google-kincir

Wah, kepedulian Google terhadap global warming sepertinya perlu dicontoh, ayo perusahaan mana lagi yang mau ikut berkontribusi ?

No comments:

Post a Comment