Tuesday, July 27, 2010

Jailbreak Itu Legal?

Warga Amerika Serikat (AS) tak perlu takut dituntut jika melakukan jailbreak pada iPhone ataupun ponsel lain yang mereka miliki. Aksi itu telah dinyatakan legal.

Demikian keputusan dari Kantor Hak Cipta AS dan Librarian of Congress terkait permintaan dari Electronic Frontier Foundation untuk membuat pengecualian pada Undang-Undang Hak Cipta Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

blogsdna.com
Seperti dikutip dari TheRegister, Selasa (27/7/2010), keputusan ini merupakan buah dari upaya yang diajukan sejak 2008.

Apa saja yang kini dibolehkan lewat keputusan tersebut? Meski dituliskan dalam bahasa hukum yang cukup membuat dahi berkerut, berikut adalah kesimpulannya:

1. Pengguna ponsel boleh melakukan 'jailbreak' untuk memasang aplikasi, yang didapatkannya secara legal, pada ponsel mereka. Meskipun aplikasi itu tidak resmi diperbolehkan oleh vendor ponsel.

2. Pengguna ponsel boleh melakukan 'jailbreak' untuk mengakses jaringan nirkabel operator telekomunikasi yang mereka inginkan, selama memang akses ke jaringan itu diperbolehkan (misalnya sebagai pelanggan operator tersebut).

3. Pemilik DVD boleh mematikan perlindungan anti pembajakan pada DVD untuk mengambil potongan gambar yang akan digunakan secara non-komersial, misalnya untuk pendidikan, kritik, komentar dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment