Friday, May 21, 2010

WebM, Format Video Baru Dari Google

WebM Google
Google akan memulai Project WebM, yaitu format video open source dengan menggunakan video's 8th generation (VP8) dari On2 yang baru-baru ini telah diakuisisi oleh Google.

project WebM dilakukan untuk mengembangkan format video yang berkualitas tinggi dan terbuka untuk web secara luas sehingga semua orang dapat menikmatinya. Peluncuran WebM telah didukung oleh Mozilla, Opera, Google dan lebih dari empat puluh penerbit lain, baik vendor software maupun hardware.

WebM open source dan bebas royalti, media format file dirancang untuk web. file WebM terdiri dari video stream dikompresi dengan VP8 video codec dan audio stream dikompresi dengan Vorbis audio codec. Struktur file WebM didasarkan pada Matroska media container.

Untuk dapat menikmati webM Browser dan video YouTube dengan eksperimen HTML5, tambahkan perangkat berikut pada Browser yang memiliki dukungan untuk webM:
Setelah instal, kunjungi YouTube HTML5 Video Player dan klik "Join the HTML5 Beta". untuk menyaksikan format webM, tambahkan fitur extensi &webm=1 dibelakang alamat url video. maka video yang Anda putar akan tercantum text HTML5 dan WEBM pada control bar player.
Peluncuran WebM akan dilakukan pada konferensi Google I/O, dan saat ini belum semua browser terbaru mendukung WebM dan HTML5, namun akan hadir dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment