Thursday, May 27, 2010

Add-ons Non Aktifkan Pelacakan Google Analytics


Google merilis plug-in/add-ons untuk browser Internet Explorer 7+, Firefox 3.5+ dan Chrome 4+ yang mampu menonaktifkan pelacakan Google Analytics. Google Analytics adalah sebuah layanan untuk analisa statistik pengunjung situs website yang paling populer dan dapat digunakan secara gratis.
Walaupun Google Analytics? tidak menampilkan informasi pribadi pengunjung, namun nampaknya hal ini membuat khawatir bahwa Google dapat melacak situs yang mereka kunjungi menggunakan script Google Analytics yang walaupun sebenarnya tidak berbahaya.

Google menjelaskan bahwa Google Analytics menggunakan cookie pihak pertama untuk melacak interaksi pengunjung, sehingga data tidak bisa dikumpulkan untuk semua domain. Namun Google peduli akan masalah kerahasiaan, untuk itu Google meluncurkan Google Analytics Opt-out Browser Add-on yang dapat Anda gunakan pada browser.


Setelah menginstal add-ons, browser masih mengirim permintaan untuk file http://www.google-analytics.com/ga.js ketika mengunjungi halaman yang menggunakan Google Analytics, tapi tidak lagi mengirimkan informasi ke Google Analytics.
Jika banyak pengguna menginstal add-on, maka tentu pemilik website tidak lagi memilik data statistik yang akurat, sehingga sulit untuk menentukan konten yang populer pada situs mereka. Dan pemilik website pun akan akan sulit menentukan konten yang berkualitas untuk diterbitkan pada situsnya karena data yang minim, dan akhirnya pengunjung tidak dapat menemukan konten yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment