Monday, May 17, 2010

UGM Juara Regional Kontes Robot Indonesia

      Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjuarai Kontes Robot Indonesia 2010 Regional III di Gedung Olah Raga Universitas Negeri Yogyakarta,



     "Universitas Gadjah Mada berhasil menyisihkan 14 perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, dan Kalimantan yang berlomba di Kontes Robot Indonesia (KRI)," kata Ketua Umum Panitia KRI dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2010 Regional III Pramudi Utomo di Yogyakarta, Minggu.
Selain KRI, menurut dia, UGM juga menjuarai KRCI beroda dan KRCI berkaki, sedangkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjuarai KRCI "battle". 

      Ia mengatakan, sebanyak 29 perguruan tinggi terdiri atas tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) dan 22 perguruan tinggi swasta (PTS) di DIY, Jawa Tengah, dan Kalimantan mengikuti KRI dan KRCI 2010 Regional III. 

      "Dalam kontes tersebut ada empat jenis kompetisi yang dilombakan. yakni KRI, KRCI beroda, KRCI berkaki, dan KRCI "battle" yang diikuti 61 tim dari 29 perguruan tinggi," katanya.
Menurut dia, KRI diikuti 15 tim dari enam PTN dan sembilan PTS, KRCI beroda diikuti 23 tim dari lima PTN dan 18 PTS, KRCI berkaki diikuti 12 tim dari tiga PTN dan sembilan PTS, dan KRCI "battle" diikuti 11 tim dari lima PTN dan enam 6 PTS.
Sementara itu, Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjen Dikti Kemendiknas Suryo Hapsoro mengatakan, kontes robot merupakan salah satu upaya untuk menciptakan insan Indonesia yang cerdas secara komprehensif. 



      "Kontes robot dapat mendorong mahasiswa untuk menghasilkan tipe robot untuk berbagai hal. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan terus belajar dan mencari relasi yang lebih luas untuk mencari kesempatan dalam mengimplementasikan kreasi robotnya untuk kepentingan terkait," katanya.
 

No comments:

Post a Comment