Thursday, May 27, 2010

Laptop Hasil Karya Anak Bangsa


gambar ilustrasi
Ternyata kehebatan dan prestasi generasi muda Indonesia sangat bisa diandalkan. Siswa SMKN 26 Rawamangun, Jakarta mampu merakit laptop mereka sendiri, dan diberi nama AdvanSMK.
Para siswa ini membeli suku cadang netbook bermerk Advan. Mereka pun merakit komponen-komponen ini menjadi sebuah netbook yang siap pakai. Hasil rakitan mereka diakui sudah memenuhi standar yang ada.
Ya, dengan dukungan dari pihak sekolah, mereka mampu melakukannya. "Kami puas. Kemampuan mereka bagus," ujar Account Manager Advan, Paulus Lili Padang dalam kunjungannya ke sekolah SMKN 26. Paulus pun berharap transfer teknologi ini dapat terus dilakukan. Apalagi kemampuan anak-anak SMK ini membuktikan, mereka pun mampu bersaing dalam dunia internasional.?
"Awalnya kita hanya merakit 135 unit laptop 10 inchi, tapi ternyata pesananannya banyak. Sekarang tinggal 20 unit lagi," ujar Kepala Program Teknik Jaringan Komputer SMK N 26 Jakarta Dede Yudiati. Laptop rakitan tersebut dibandrol seharga Rp 2,8 juta sampai dengan Rp3 juta per unit. Namun saat ini, laptop yang dilengkapi dengan wifi dan bluetooth tersebut baru dijual di lingkungan pendidikan saja.
Dede berharap program merakit laptop dapat membuat siswa lulusan SMKN 26 lebih siap untuk berwirausaha setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun di sekolah yang terletak di Jl Balai Pustaka Baru I, Rawamangun, Jakarta Timur tersebut.
Berikut adalah spesifikasi dari AdvanSMK :
  • Monitor 10 inchi
  • Memori 1 GB
  • Prosesor 1,6 GHz
  • HD berkisar 160 hingga 250 GB
  • Dilengkapi dengan Bluetooth dan Wifi
Paulus pun berharap transfer teknologi ini dapat terus dilakukan. Apalagi kemampuan anak-anak SMK ini membuktikan, mereka pun mampu bersaing dalam dunia internasional. "Pembelinya kebanyakan dari dunia pendidikan. Dari 135 netbook, sudah laku sekitar 115 unit," terangnya lagi.
"Hasil perakitan laptop AdvanSMK yang dirakit oleh siswa-siswi TKJ SMK N 26 Jakarta sebagai bentuk Teaching Factory, telah dipercaya oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sebagai Reward bagi siswa-siswi berprestasi yang memperoleh nilai UN tertinggi di segala tingkatan : SD, SMP, SMA, dan SMK yang diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Fauzi Bowo di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta pada hari Jum'at, 21 Mei 2010." Demikian yang tertulis dalam situs resmi SMKN 26 tersebut.

No comments:

Post a Comment