Tuesday, May 25, 2010

Google Font Directory Dan Google Font API

Google telah merilis Google Font Directory dan Google Font API, untuk membantu developer mengembangkan web dengan menambahkan jenis huruf khusus ke dalam halaman Web. Secara sederhana dapat digambarkan bahwa Google menyajikan huruf hosting, dimana Anda dapat menambahkan kode definisi CSS ke halaman Anda.
Pilihan Jenis huruf dan kode embed dapat Anda temukan di Google Font Directory, dan cara penggunaanya dapat Anda temukan di Google Font API. Sebagai contoh untuk jenis huruf Cantarell.

Google Fiont API
klik gambar untuk perbesar
Dengan jumlah huruf sebanyak 18 buah dan memiliki berbagai variant pada beberapa jenis huruf dapat menambah pilihan Anda dalam menampilkan junis huruf di halaman Anda. Satu keuntungan yang didapat dalam menggunakan huruf ini adalah jika pengunjung telah mengunjungi web sebelumnya yang menggunakan font ini, maka akan tersimpan dalam cache browser mereka. Sehingga ketika pengunjung membuka halaman milik Anda waktu yang dibutuhkan menjadi lebih cepat.
Bagi yang hendak menggunakannya pada Blogger, cukup mudah.
  • Pilih jenis huruf yang hendak digunakan di Google Font Directory dan copy kode.
  • Letakkan contoh embed kode berikut setelah tag < head >

Google Fiont Blogger
klik gambar untuk perbesar
  • Dan letakkan kode style berikut pada bagian yang kamu inginkan (misal pada judul posting/h3) sebelum ]]> < /b : skin >

Google Fiont Blogger
klik gambar untuk perbesar

No comments:

Post a Comment