Monday, May 24, 2010

Bersiaplah untuk Google Android Froyo

Google telah mengumumkan sistem operasi terbaru dari OS Android pada Jumat (21/5) dengan nama Android 2.2 Froyo yang merupakan penerus dari Android 2.1 Eclaire. "Froyo" yang kependekan dari Frozen Yogurt akan dilengkapi dengan Wi-Fi hot spot dan dapat juga menjadi modem 3G melalui kabel USB. Selain fasilitas hot-spot, versi terbaru ini juga didukung dengan program Flash untuk memutar video. Fasilitas-fasilitas ini nantinya akan ditampilkan pada telepon pintar yang menggunakan sistem Operasi Google Android.

Selain itu, Froyo juga tampil dengan browser baru Javascript V8 dengan daya loading yang kian cepat. Ditambah lagi dengan kekuatan CPU yang lima kali lebih cepat ketimbang Eclaire. Memori-nya pun telah diperbaharui sedemikian rupa, sehingga switching aplikasi terasa begitu lembut. Fitur pada kamera juga mengalami modifikasi dimana Froyo menawarkan tombol kamera pada layar untuk mengatur zooming, flash, white balance, geo-tagging, fokus, dan exposure. Bahkan, Froyo juga mampu mengoperasikan flash LED untuk cahaya pada rekaman gambar bergerak.

Kelebihan lain dari Froyo adalah pengguna tidak harus menginstal aplikasi on-board, tetapi juga bisa di storage eksternal, misalnya kartu SD. Produk itu juga menawarkan layanan back-up dan restore untuk mem-back up data-data penting. Terdapat juga kontrol 'car mode' dan 'night mode' untuk menyesuaikan user interface dengan situasi sekitarnya.

Pada Android 2.2 Froyo, Google memang banyak menampillkan improvisasi dari fitur-fitur baru yang cukup signifikan. Sehingga jika dilihat dari segi performa, Froyo termasuk salah satu platform yang paling matang dan maju di industrinya. Hal ini dibuktikan Google dengan memasukkan Flash 10.1 pada?Froyo. Flash 10.1 sendiri merupakan salah satu add-on yang paling ditunggu-tunggu.

Vice President of Engineering Google, Vic Gundotra mengatakan lebih dari 60 persen telepon pintar yang beredar di pasaran menggunakan sistem operasi Android. "Ini adalah momentum bagi Android" katanya. Gundotra bahkan berani menyatakan Froyo lebih unggul dibandingkan dengan saingannya yaitu iPad, iPhone dan iPod yang merupakan produk buatan Apple. Dia memperagakan dan menunjukkan kemampuan sistem operasi Froyo lebih tanggap dan cepat ketimbang buatan Apple.

No comments:

Post a Comment