Sunday, April 25, 2010

Tips Aman Belanja Online

Aku Online, online.. Online.. Online.. Online..”, Mungkin untuk orang Asia, terutama Indonesia tidak asing lagi dengan cuplikan lirik lagu salah satu rapper terkenal dalam Negeri. Ya, Saykoji. Lagu ini memang cukup booming, bahkan salah satu provider telepon selular menjadikan lagu ini sebagai them song produk mereka sehingga lagu ini jadi makin populer. Lirik unik dan asik menjadikan lagu ini tenar dan mudah dinyanyikan oleh berbagai kalangan. Remaja, orangtua bahkan anak-anak.
Online. Ya, satu kata yang mewakili segalanya. Setelah perkembangan internet yang kian maju, segala sesuatu yang ada menjadi lebih instant. Tak hanya informasi terkini yang tersaji di dunia maya saja yang seolah tanpa batas waktu. Saat ini, berbelanja pun sudah bisa online. Kita tinggal pesan, kemudian bayar dengan cara transfer misalnya, maka barang akan dikirim sesuai dengan alamat tujuan kita. Jika Anda adalah para pengguna internet, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan toko-toko online yang kian lama kian menjamur. Menemukannya cukup mudah, kita tinggal masuk ke mesin pencari, kemudian memasukkan kata kunci seperti misalnya shopping Online atau Belanja Online. Maka akan muncul puluhan, bahkan ratusan toko online yang menyajikan berbagai macam produk mulai dari sandang, pangan hingga kebutuhan papan.
Untuk Anda yang sering atau ingin mencoba berbelanja online melalui internet, apalagi dimusim menjelang liburan seperti sekarang ini, berikut adalah tips aman untuk belanja online:
  1. Lindungi komputer Anda. Jika Anda adalah salah satu orang yang suka browsing di internet, hal yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus memiliki pelindung komputer seperti software anti-virus, anti-spam, atau anti-spyware dengan firewall yang aman.
  2. Gunakanlah situs yang Anda percayai. Pada dasarnya, belanja online sama seperti ketika Anda berbelanja di sebuah toko dalam mall atau pusat perbelanjaan lain. Kita harus mempercayai kualitas barang yang mereka jual atau barang yang ingin kita beli. Intinya, Anda harus mempercayai pilihan Anda.
  3. Lindungi informasi pribadi Anda. Bacalah kebijakan privasi situs untuk melihat informasi apa yang diminta dan bagaimana mereka menggunakan informasi pribadi Anda. Agar Anda tidak sembarangan memberi informasi penting mengenai pribadi Anda. Hal ini juga berfungsi untuk meminimalisir aksi penipuan atau hal lain yang bisa saja terjadi dalam dunia internet.
  4. Sebelum melakukan transaksi, periksalah sekali lagi barang apa saja yang Anda beli, dan berapa harga yang harus Anda bayar. Berilah mereka keterangan alamat tujuan Anda dan nomor-nomor Anda yang mudah dihubungi.
  5. Jika Anda melakukan transaksi dengan menggunakan transfer antar bank, pastikan harga yang Anda bayar adalah harga pasti. Biasanya toko online memberlakukan harga jual yang belum termasuk ongkos kirim. Pastikan Anda melakukan transaksi sesuai dengan nomor rekening tujuan. Selain itu, toko online juga tidak pernah meminta Anda memberitahu ke mereka nomor rekening pribadi Anda apalagi nomor pin. Setelah itu, simpanlah bukti transaksi pembayaran Anda untuk berjaga-jaga.
  6. Jika Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit, pastikan kartu kredit Anda memiliki hukum federal. Hal ini berfungsi untuk melindungi Anda misal sewaktu-waktu terjadi kesalahan penerimaan barang yang Anda beli atau kegagalan pengiriman barang. Kemudian Anda juga harus memeriksa laporan kartu kredit Anda sesering mungkin. Usahakan tidak mengandalkan informasi transaksi kartu kredit dari pihak lain.
  7. Setelah semua transaksi berjalan dengan lancar, dan barang yang Anda beli sudah berada ditangan, hubungilah toko online tempat Anda berbelanja untuk memastikan bahwa Anda telah menerima barang tersebut.
  8. Ungkapkanlah kepuasan atau segala keluh kesah Anda jika Anda merasa puas atau kecewa dengan pelayanan toko online tersebut. Hal ini dapat membantu sang pemilik toko online untuk memperbaiki kualitas pelayanan toko onlinenya.

No comments:

Post a Comment