Tuesday, November 1, 2011

Toyota Ciptakan 4 Robot Perawat

Rabu, 2011-11-02 08:07:00 WIB



(ICTF - ICT Solution) Empat robot dibesut oleh perusahaan mobil Toyota di Jepang. Robot-robot ini diciptakan untuk membantu para lansia yang menderita stroke--itu sebabnya robot ini akhirnya disebut 'robot perawat'. Dalam menciptakan robot ini, Toyota sendiri memanfaatkan teknologi yang biasa dibenamkan dalam mobil besutannya.
"Robot ini membantu orang-orang yang tak mampu bergerak tanpa bantuan orang lain," ujar Eiichi Saito, profesor di Fujita Heakth University yang turut mengembangkan robot perawat ini.
Adapun keempat robot yang dikembangkan Toyota adalah:

1. Independent Walk Assist. Disematkan di kaki pengguna dan memakai sensor untuk memprediksi pergerakan dan menambahkan kekuatan.

2. Walk Training Assist. Didesain untuk membantu pemulihan penderita stroke atau mereka yang menderita cidera dengan cara yang natural.

3. Patient Transfer Assist. Mengkombinasikan lengan bantuan dan sebuah platform mobile. Dibuat guna membantu memindahkan pasien dari atau menuju tempat tidur. Bekerja seolah-olah lengan asli.

4. Balance Training Assist. Berwujud dua buah roda yang memungkinkan pasien untuk berolahraga seperti tennis atau sepakbola.

Sayangnya robot 'perawat' ini baru akan dirilis secara komersial oleh Toyota di pasar Jepang pada 2013 mendatang.


No comments:

Post a Comment